Berwisata ke Lereng Merapi Jogja

Bulan lalu ketika roadshow Nokia Developer Consultation saya berkesempatan untuk mengunjungi gunung merapi di jogja. Wisata yang cukup memberikan pengalaman dan pengetahuan seputar bencana merapi di jogjakarta. Mengunjungi desa yang sudah tak berhuni sampai melihat bekas-bekas letusan merapi yang sampai saat ini masih ada.

Sekitar 30 menit dari pusat kota jogja, kita akan sampai di merapi. Jalanan cukup menanjak karena memang berada di daratan yang lebih tinggi dan di sini udaranya cukup sejuk walaupun tidak sesejuk lembang bandung.

Sesampainya di Merapi, saya ditawari transportasi menuju merapi. Ada 2 opsi kendaraan yang bisa kita gunakan untuk menuju Wisata Merapi. Yaitu Motor KLX 150 cc dan Hardtop. Jika Anda datang berdua dan bisa mengendarai motor, saya sarankan untuk menggunakan Motor dengan biaya Rp. 50.000TAPI Anda tidak memiliki guide yang akan menjelaskan secara detail dari setiap tempat. Namun jika Anda datang lebih dari 2 orang saya sarankan untuk menggunakan Hardtop dengan biaya Rp. 250.000 + supir dan guide. Berhubung saya bertiga jadi saya menyewa satu buah hardtop untuk digunakan menjelajah lereng gunung merapi.

Baca Juga: Tips Mengambil Foto di Jembatan Suramadu

Dalam perjalanan ke lereng gunung merapi kita akan dijelaskan secara detail tempat yang kita lewati. Dari mulai bendungan/tanggul yang jebol akibat merapi, batu alien yang sempat menghebohkan masyarakat, sampai sisa harta peninggalan yang tersisa. Perjalanan memakan waktu sekitar 1-2 jam untuk mengelilingi desa dan lereng gunung merapi. Tapi sayang pengunjung tidak bisa naik lebih jauh mendekati puncak merapi dan melihat rumah mbah marijan karena kita harus berjalan kaki sekitar + 3Km (saya lupa berapa tepatnya).

Nah untuk mengambil foto pada wisata merapi ini, saya sarankan Anda untuk membawa camera yang memiliki image stabilizer karena jalan layaknya off road jadi kalau pakai kamera biasa terkadang agak sulit kecuali mobil berenti dulu. Kebetulan saya pakai Lumia 920, dengan mobil yang terguncang-guncang camera Lumia 920 tetap bisa mengambil foto dengan sempurna.

Di wisata ini juga Anda dapat melihat foto-foto merapi, kaos, dan oleh-oleh bernuansa merapi lainnya. Lokasi pembelian oleh-oleh ini berada pada tempat pemberentian batu alien dan musium sisa hartaku.

Yap sekian sharing saya seputar Wisata Merapi, tidak terlalu lengkap memang tapi semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat wisata jika Anda berlibur ke Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *